10 Negara Memeriahkan "Karnaval Sampurasun World Ethnic Festival" di Purwakarta

29 Aug

10 Negara Memeriahkan “Karnaval Sampurasun World Ethnic Festival” di Purwakarta

Puncak kemeriahan hari ulang tahun Purwakarta ke 185 dan hari ulang tahun kabupaten purwakarta ke 48 yang digelar pada Sabtu (27/8/2016) menjadi hari yang istimewa bagi warga Purwakarta. Pasalnya, hari itu di Taman Pembaharuan hingga Taman Pasanggarahan Padjajaran, di gelar acara “Karnaval Sampurasun World Ethnic Festival” yang diikuti oleh 10 negara berasal dari Indonesia, Afrika Selatan, Amerika Serikat, Rusia, Australia, Selandia Baru, Meksiko, Jepang, Tiongkok dan Mesir. namun tidak hanya warga purwakarta saja yang ingin menyaksikan acara tersebut tetapi dari luar kota pun banyak yang ingin menyaksikan acara tersebut dan hampir seluruh hotel dipurwakarta penuh dengan pengunjung yang ingin menyaksikan acara ” Karnaval Sampurasun World Ethnic Festival” termasuk di la derra hotel purwakarta.
Pawai diawali dengan keluarnya kereta kencana Ki Jaga Raksa yang ditarik oleh empat ekor kuda dari dalam Kantor Dinkes Kabupaten Purwakarta. Selain kereta kencana, puluhan kuda berasal dari dari TNI dan Polri juga milik warga sipil pun turut memeriahkan langsung dengan berbaris mendampingi keempat kereta kencana tersebut.
Sebelum rangkaian pawai memulai perjalanannya, tepat di depan patung Soekarno dan Gus Dur rombongan disajikan dengan sejumlah tarian. Mulai dari tarian yang mengisahkan prosesi petani menanam padi hingga mengolahnya menjadi beras, hingga tarian seorang putri cantik dan pria gagah yang orang biasa menyebut mereka sebagai perumpamaan Nyi Ratu Kidul dan Prabu Siliwangi. Selanjutnya Festival pun di mulai dengan tiga kuda berukuran paling besar berjajar membentuk formasi layaknya pasukan yang membuka jalan. Di belakangnya tampak Bupati Purwakarta,yang memakai pakaian putih-putih menaiki kuda putih dan tepat di belakangnya terdapat empat kuda besar lain yang menggiring rombongan empat kereta kencana. Selanjutnya rangkaian peserta pun di barengi oleh perwakilan peserta yang berasal dari 10 negara pengisi acara.
Selama perjalanan ratusan ribu masyarakat yang berkumpul sepanjang jalan tak henti-hentinya bersorak saat rombongan festival melintas yang mengucapkan salam “Sampurasun” .
Sesampainya di Taman Pasanggrahan Padjajaran rombongan dari 10 Peserta festival pun langsung bersiap untuk menampilkan kebudayaan masing-masing. acara pun berakhir sekitar pukul 24:00 WIB dengan keseluruhan penampilan dari 10 negara peserta.

Leave a Reply

Translate »